Kelompok Kecil – Memilih Lagu Untuk Ibadah Kelompok Kecil

Memilih lagu untuk ibadah kelompok kecil tidak perlu menjadi tugas yang menakutkan atau sulit. Ada tiga faktor yang harus selalu Anda pertimbangkan untuk memilih lagu secara efektif untuk ibadah kelompok kecil.

Faktor 01: Ketahui lagu apa yang familiar bagi kelompok kecil Anda.

Mengapa ini sangat penting? Karena dalam ibadah kelompok kecil sebaiknya menggunakan paling banyak satu lagu yang tidak familiar bagi masyarakat dalam setiap sesi ibadah. Untuk mengikuti panduan ini, Anda perlu mengetahui lagu apa yang familiar bagi anggota grup Anda.

Jika kelompok kecil Anda berbasis di gereja lokal (terdiri dari anggota gereja yang sama), ini menjadi jauh lebih sederhana. Perhatikan lagu-lagu yang digunakan baca surat Yasin untuk kebaktian dan perhatikan lagu-lagu apa yang sering muncul. Ini akan lebih akrab bagi orang-orang Anda. Jika kelompok kecil Anda adalah kelompok para-gereja, Anda perlu memperhatikan lagu-lagu apa yang sering digunakan untuk sesi-sesi ibadah di pertemuan-pertemuan sebelumnya. Mencari tahu ini akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang lagu apa yang dapat diandalkan dan dapat digunakan dalam waktu ibadah kelompok kecil Anda.

Faktor 02: Ketahui lagu mana yang bisa dinyanyikan dan mana yang tidak.

Lagu-lagu yang mudah dinyanyikan oleh para anggota adalah suatu keharusan. Kami mengukur keberhasilan ibadah kelompok kecil dengan standar perikop Kitab Suci berikut ini:

2 Tawarikh 5:12-15 – Semua orang Lewi yang adalah pemusik-Asaph, Heman, Yedutun dan anak-anak dan kerabat mereka-berdiri di sisi timur mezbah, mengenakan lenan halus dan memainkan simbal, kecapi dan kecapi. Mereka didampingi 120 imam membunyikan terompet. Peniup trompet dan penyanyi bersatu padu, seperti *dengan satu suara*, untuk memuji dan mengucap syukur kepada TUHAN. Diiringi trompet, simbal, dan alat musik lainnya, mereka meninggikan suara memuji TUHAN dan menyanyikan: “Ia baik; kasih setia-Nya untuk selama-lamanya.”

Kemudian Bait TUHAN dipenuhi awan, dan para imam tidak dapat melakukan pelayanan mereka karena awan itu, karena kemuliaan TUHAN memenuhi Bait Allah. (NIV, penekanan saya)

Jadi jika Anda ingin lebih mudah menyatukan pujian orang, memilih lagu yang mudah dinyanyikan oleh anggota grup Anda sangat penting untuk kesuksesan Anda.

Tolong jangan berasumsi bahwa apa yang digunakan untuk kebaktian gereja Anda atau yang didengar dalam album ‘ibadah’ akan selalu dapat digunakan dalam pengaturan kelompok kecil. Album ibadah biasanya dibuat oleh orang-orang yang memiliki kemampuan musik dan kemampuan menyanyi yang tinggi. Oleh karena itu, orang-orang ini dapat menyanyikan apa yang tidak dapat dinyanyikan oleh rata-rata anggota gereja. Ini mungkin tidak jelas ketika lagu yang sulit dicoba selama kebaktian gereja, karena ada lebih banyak orang untuk menutupi masalah, tetapi sangat jelas ketika Anda mencoba menggunakan lagu-lagu seperti itu pada pertemuan kelompok kecil.

A note to our visitors

This website has updated its privacy policy in compliance with changes to European Union data protection law, for all members globally. We’ve also updated our Privacy Policy to give you more information about your rights and responsibilities with respect to your privacy and personal information. Please read this to review the updates about which cookies we use and what information we collect on our site. By continuing to use this site, you are agreeing to our updated privacy policy.